there is nothing new under the sun

Pernahkah kita bertanya, adakah sesuatu yang benar-benar baru di dunia ini ? Sesuatu yang memang belum pernah di ciptakan dan di buat ? Something orisil and brand new. Katakanlah itu sebuah produk or barang. Adakah barang tersebut benar-benar baru, dalam artian memang belum pernah ada dan di buat.

Atau sebuah peristiwa yang menimpa diri dan sedang kita alami. Benarkah itu peristiwa yang baru, atau benar-benar baru kita alami. Seakan itu benar-benar baru. Mungkin kita akan mengatakan, “ya, itu sesuatu yang baru. Pertama kali buat saya.” Atau kita akan mengatakan, “ini produk yang baru, belum pernah ada yang buat.”

But to be honestly, there is nothing new under the sun guys. Semuanya hanya siklus kehidupan. Yang ia berputar kemudian berputar sampai akhirnya bertemu di sebuah titik dan menjadi pembaharuan. Pembaharuan hasil dari pengembangan material yang ada di bumi.

Yes, kita hanya memperbaharui. Tidak ada yang kita ciptakan atau buat. Kita hanya menemukan sebuah bentuk lain dari sebuah bahan baku. Yang memang belum orang lain temukan, tapi kita yang menemukannya pertama kali. Lazimnya kita menyebutnya dengan inovasi.

Tapi apakah inovasi itu benar-benar baru, jika ternyata di dalam DNA kita inovasi tersebut sebenarnya sudah ada. Ia menetap dalam sebuah coding, meminta untuk kita pecahkan terlebih dahulu baru pada akhirnya lahirlah wujud inovasi tersebut ke dalam alam material.

mwm

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s